Sabtu, 22 Juni 2013

Pantai Tanjung Lesung terletak di Provinsi Banten. Mungkin orang banyak lebih mengenal Pantai Anyer dan Pantai Carita, karena kedua pantai tersebut yang paling terkenal di kawasan Pandeglang dan kebetulan inilah wisata andalan dari tempat lahir saya, dan karena keindahan pemandangannya yang eksotis.

Jika kita mendengar kata "Lesung" mungkin kita akan langsung teringat akan kecantikan perempuan yang di pipinya terdapat lesung pipit. Pantai Tanjung Lesung ini kira-kira tidak berbeda  dengan perempuan cantik berlesung pipit. Pantainya terlihat cantik karena letak pantainya yang seperti lesung, daratan yang menjorok ke laut.

Keistimewaan pantai ini adalah pasir putihnya yang lembut, angin sepoi-sepoi tidak terlalu kencang menambah eksotisnya pantai ini karena memang tidak langsung menghadap samudera lepas sehingga ombak pun tidak terlalu besar dan relatif aman untuk bermain jet ski, snorkeling, berperahu ataupun memancing. Atau bisa juga bermain sepakbola pantai, bola voli, off road, sekadar berjemur ataupun bermain pasir.
Snorkeling di Pantai Tanjung Lesung

Bagi pasangan yang ingin beromantisme menikmati keindahan sunrise dan sunset diiringi kicauan burung laut yang melayang-layang dan sesekali menukik-mencebur ke laut menangkap ikan disertai suara deburan ombak yang tidak terlalu keras menambah kemesraan suasana seperti lagu "Kemesraan"-nya Franky Sahilatua.
Sunset di Pantai Tanjung Lesung

Sunrise di Pantai Tanjung Lesung
Bagi wisatawan yang berhasrat menikmati kekayaan hayati dan pesona bawah lautnya, dapat menyewa peralatan menyelam. Dengan menyelam, para wisatawan akan terpukau melihat terumbu karang yang indah, ubur-ubur beraneka warna, siput-siput kecil dengan cangkang yang unik, dan ikan-ikan yang berenang berkejaran di garis pantai. Sedangkan bagi wisatawan yang ingin mempelajari cara mentranplantasikan terumbu karang, dapat mengunjungi lokasi konservasi yang berada di tengah laut.

Jika bosan bermain di pantai, kita bisa mengunjungi Pulau Liwungan dengan menyewa perahu nelayan atau speed boad dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Di pulau yang seluas sekitar 50 hektar dan konon hanya dihuni oleh pasangan suami istri (kakek-nenek) selama puluhan tahun ini kita bisa menikmati keindahan Selat Sunda, eksotisme Gunung Krakatau, dan melihat konservasi terumbu karang yang berada di tengah laut. Atau para wisatawan bisa menyusuri perkampungan nelayan, yaitu Kampung Cipanon dan berbelanja kerajinan tangan Badak Bercula Satu dan jika haus Anda bisa menikmati minuman khasnya yaitu daun sirih.
Pantai Pulau Liwungan
Rumah di Pulau Liwungan yang dihuni sepasang kakek-nenek
Fasilitas yang lengkap dan tidak kalah dengan Pantai Anyer dan Pantai Carita membuat para wisatawan tidak mengalami kesulitan berwisata di pantai ini. Fasilitas seperti pusat informasi, Lifeguard, Money Changer, Tempat Parkir, Banana Boat dan lain-lain semua tersedia disini.

Di Tanjung Lesung terdapat tempat menginap dengan berbagai variasi dan tipe, seperti hotel, villa, resort sampai homestay dengan berbagai harga. Untuk home stay tarifnya sekitar Rp 100.000 per malam sedangkan menginap di vila, hotel, maupun resor dengan tarif Rp 500.000-Rp 2 juta per malam, tergantung harinya.

Pantai Tanjung Lesung yang eksotis ini dapat dicapai melalui :
Pertama, mengambil rute jalan tol Jakarta-Merak, lalu keluar melalui pintu gerbang tol Serang Timur. Setelah melewati Kota Serang, perjalanan dilanjutkan ke arah Kota Pandeglang dan Labuan, dan berakhir di Pantai Tanjung Lesung .

Kedua, mengambil rute jalan tol Jakarta-Merak, lalu keluar melalui gerbang tol Cilegon. Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri pesisir Anyer-Carita, lalu ke arah Labuan, dan berakhir di Pantai Tanjung Lesung . Jakarta-Pantai Tanjung Lesung berjarak sekitar 160 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2,5-3 jam perjalanan dengan menggunakan bus atau kendaraan pribadi.

Sejak pertengahan Juni 2003, akses ke kawasan ini semakin mudah karena pemerintah daerah setempat telah mengoperasikan tiga bus DAMRI setiap harinya dari Kota Serang, ibu kota Provinsi Banten, menuju Pantai Tanjung Lesung .

Karena kemarin hanya liburan berkelompok dengan warga tempat saya tinggal, maka rasanya belum puas karena jadwal yang ketat. Lain kali kalau berlibur lagi, pantai ini sangat highly recommended untuk dikunjungi.

0 komentar :

Posting Komentar